-->

Jadwal Pelaksanaan SNMPTN Tahun 2015

SNMPTN Tahun 2015



Dikutip dari situs resmi Dikti.go.id bahwa SNMPTN 2015 resmi Gratis Hal itu diungkapkan Menristekdikti pada acara konferensi pers di Gedung D Lantai 10, Senayan, Jakarta.

Menristekdikti mengeluarkan Peraturan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Permenristekdikti) terkait seleksi masuk PTN 2015.

Ada tiga cara masuk PTN 2015 yaitu melalui :


  1. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN),
  2. Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)
  3. Ujian Mandiri (UM)

Free of charge itu masalah biaya pendaftaran SNMPTN 100 persen dari anggaran negara” pungkasnya. Sedangkan SBMPTN, Menristekdikti mengatakan biaya pendaftaran akan ikut disubsidi oleh pemerintah. Namun, untuk seleksi melalui jalur UM, biaya pendaftaran dibebankan kepada calon mahasiswa.

Kuota mahasiswa yang ditampung di PTN melalui SNMPTN sebanyak 50 persen. Sedangkan untuk SBMPTN sebanyak 30 persen, dan UM sebanyak 20 persen.


SNMPTN 2015 menampung mahasiswa baru untuk setiap program studi (prodi) paling sedikit sebanyak 50%. Tahun ini sebanyak 63 PTN mengikuti proses seleksi dengan SNMPTN. “Untuk 13 PTN baru, belum bisa ikut serta dalam SNMPTN tahun ini karena masih dalam tahap pendampingan” ujar Rochmat Wahab selaku Ketua SNMPTN 2015 menambahkan.


Persyaratan untuk calon peserta SNMPTN antara lain :

  • harus sudah berada di kelas terakhir pendidikan menengah (SMA/MA/SMK/MAK),
  • memiliki prestasi akademik,
  • serta memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing PTN. 

Peserta diperbolehkan memilih maksimal dua PTN dengan ketentuan jika memilih dua PTN, maka salah satu PTN harus berasal dari provinsi yang sama dengan asal sekolah siswa. Untuk pemilihan prodi, peserta dapat memilih maksimal tiga prodi dengan ketentuan satu PTN maksimal dua prodi.

Untuk pendaftaran nantinya masing-masing sekolah dan siswa harus mengisi data terlebih dahulu melalui Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) di laman pdss.snmptn.ac.id yang kemudian akan diverifikasi. Sedangkan untuk pendaftaran prodi PTN melalui laman snmptn.ac.id.


Berikut adalah Jadwal SNMPTN 2015 :


Kegiatan

Waktu

Pengisian & Verifikasi PDSS22 Januari – 8 Maret 2015

Pendaftaran

13 Februari – 15 Maret 2015

Pengolahan data

16 Maret – 8 Mei 2015

Pengumuman Kelulusan

9 Mei 2015

Pendaftaran ulang peserta yang lulus SNMPTN

9 Juni 2015 (Bersamaan dengan Ujian Tertulis SBMPTN)
LihatTutupKomentar