-->

8 Tips Amankan Ponsel Android

8 Tips Amankan Ponsel Android


BeritaInternetNKRI | Smartphone saat ini sudah menjadi menjadi bagian kehidupan yang tidak bisa dilepaskan, terutama dalam kehidupan masyarakat urban. Penggunaannya tersebut tidak hanya untuk telefon, melainkan untuk bekerja dan bermain sosial media.

Mengingat penggunaannya yang semakin meningkat, mengakibatkan data-data penting di dalamnya juga ikut berisiko terkena bahaya, baik karena orang-orang iseng atau kelalaian sendiri. Oleh sebab itu, pengguna harus melindungi data-data yang ada di dalamnya.

Berikut cara untuk mengamankan smartphone, terutama pada smartphone berbasis Android

1# Gunakan fitur Lock Screen

1# Gunakan fitur Lock Screen

Cara dasar mengamankan telefon Android Anda yakni dengan menggunakan Lock Screen. Fitur ini banyak yang dibawa langsung oleh ponsel Android.

2# Gunakan ftur Smart Lock

Langkah yang bisa diambil selanjutnya untuk mengamankan ponsel Android Anda ialah menggunakan Smart lock. Fitur ini merupakan fitur baru yang dikeluarkan oleh Google. Fitur ini hanya tersedia pada ponsel android dengan versi 5.0 ke atas. Pada smart lock ini terdapat beberapa pilihan keamanan yaitu trusted devices, trusted places, trusted face, trusted voice, dan on-body detection.

3# Android Device Manager

3# Android Device Manager

Fitur ini berfungsi untuk menemukan dan melacak ponsel Android. Bila ponsel Android Anda hilang, fitur ini bisa sangat membantu menemukannya. Untuk menggunakannya, terlebih dahulu kita harus mengaktifkannya pada pengaturan ponsel.

Jika di ponsel belum terdapat fitur itu, kita bisa mengunduhnya melalui Play Store. Android Device Manager ini memiliki cara kerja menggunakan GPS dan koneksi data. Tidak hanya mencari lokasi ponsel, pada Androi Device Manager juga bisa untuk mengunci dan menghapus data ponsel secara remote.

4# Enkripsi Ponsel

Cara lain untuk mengamankan posel Android Anda adalah dengan mengenkripsi ponsel, dan ini menjadi pilihan yang tepat untuk mengamankan ponsel Android Anda.

Ketika fitur enkripsi ini diaktifkan, maka ponsel Android Anda langsung terenkripsi. Data-data dalam ponsel tidak akan bisa diakses orang lain yang kita mengaktifkan fitur ini ponsel akan langsung terenkripsi. Data-data yang terdapat di dalamnya tidak bisa diakses oleh orang lain yang tidak mengetahui password yang Anda gunakan.

Untuk mematikan fitur ini, hanya bisa dilakukan dengan melakukan factory reset atau melakukan reset ke pabrik asalnya.

5# Gunakan antivirus

Selain fitur bawaan pada ponsel Android, Anda juga bisa memasang aplikasi antivirus untuk mencegah dan mengantisipasi malware atau program-program jahat lainnya. Aplikasi antivirus ini banyak ditemui di Google Play.
Update software

Langkah jitu lainnya untuk mengamankan ponsel Android ialah selalu mengupdate ponsel Android, baik sistem operasi maupun aplikasi di dalamnya. Pihak pengembang selalu memperbaharui dan melakukan perbaikan pada software yang mereka miliki. Hal itu bertujuan untuk mencegah terjadinya bug ataupun serangan malware.

6# Instal aplikasi dari sumber terpercaya

Agar ponsel Android Anda aman, jangan pernah mengunduh melalui pihak ketiga, karena bisa saja aplikasi yang diunduh dari pihak ketiga atau third party itu disusupi malware. Sebaiknya gunakan aplikasi yang telah disediakan dari sumber resmi seperti Google Play Store.

7# Backup data

7# Backup data

Langkah antisipasi juga bisa diambil dengan mem-backup data-data yang ada dalam ponsel Android Anda, terlebih bila data-data dalam ponsel Android Anda penting. Kita bisa menggunakan layanan cloud seperti Google Drive ataupun Dropbox untuk membackup data.

8# Menggunakan Aplikasi Vault.

Aplikasi ini digunakan untuk melindungi data password Anda. Dengan penggunaan enkripsi dan algoritma yang cukup baik, keamanan untuk menyimpan data-data sensitif lainnya bisa dipastikan sangat aman.
LihatTutupKomentar