-->

Bumi 5 Miliar Tahun ke Depan


Bisakah Anda membayangkan seperti apa bumi dalam waktu miliaran tahun ke depan? Tim astronom internasional menggunakan teleskop radio paling kuat di dunia, mencari jawaban dengan mengobservasi bintang L2 Puppis. Lima miliar tahun lalu, bintang tersebut sangat mirip dengan matahari saat ini. 

Dikutip eurekalert Kamis (8/12/2016), profesor Leen Decin dari KU Leuven Institut of Astronomy mengatakan "Lima miliar tahun dari sekarang, matahari akan tumbuh menjadi bintang raksasa merah, seratus kali lebih besar dari ukuran saat ini," katanya.

Menurut profesor Leen Decin, matahari juga akan kehilangan massa melalui stellar wind yang sangat kuat. "Tujuh miliar tahun dari sekarang, produk akhir evolusi akan menjadi bintang kerdil putih, menjadi seukuran bumi, namun jauh lebih berat," jelasnya. 

Metamorfosis ini akan berdampak besar pada planet-planet di tata surya. Merkurius dan Venus, misalnya, akan hancur dilalap si bintang raksasa. "Tapi nasib bumi masih belum pasti," imbuh Decin. Menurutnya, matahari akan lebih besar dan lebih terang, sehingga mungkin akan menghancurkan segala bentuk kehidupan di planet kita. 

Kepastian apakah bumi akhirnya akan bertahan atau akan dihancurkan matahari masih belum dapat diungkap. L2 Puppis mungkin menjadi kunci untuk menjawab pertanyaan ini.
LihatTutupKomentar