-->

Google Merayakan Hari Jadi Menara Eiffel Ke-126 Tahun

Google Merayakan Hari Jadi Menara Eiffel Ke-126 Tahun

BERITA INTERNET NKRI | Google Hari ini merayakan hari Jari Menara Eiffel yang ke 126, untuk mengetahui lebih jauh baca ini yuk biar nambah pengetauanmu.

Dikutip Dari Wikipedia | Menara Eiffel merupakan sebuah menara besi yang dibangun di Champ de Mars di tepi Sungai Seine di Paris. Menara ini telah menjadi ikon global Perancis dan salah satu struktur terkenal di dunia.

Alamatnya :  Champ de Mars, 5 Avenue Anatole France, 75007 Paris, Prancis
Mulai dibangun : 28 Januari 1887
Dibuka : 31 Maret 1889

Yuk Kita Cari Tahu Historinya


Pada tanggal 31 Maret 1889, Menara Eiffel di Paris didedikasikan dalam upacara yang dipimpin oleh Gustave Eiffel, desainer menara, dan dihadiri oleh Perdana Menteri Perancis Pierre Tirard, dan beberapa pejabat lainnya, serta 200 pekerja konstruksi.

Pada tahun 1889, untuk menghormati seratus tahun Revolusi Perancis, pemerintah Perancis berencana untuk mengeksposisi internasional dan mengumumkan kompetisi desain untuk monumen yang akan dibangun di Champ-de-Mars di pusat kota Paris. Dari lebih dari 100 desain yang diajukan, Komite Centennial memilih rencana Eiffel yang terbuka, Yakni menara besi tempa yang akan mencapai ketinggian hampir 1.000 meter di atas Paris dan menjadi struktur buatan manusia tertinggi di dunia. Eiffel, pembangun jembatan mencatat, adalah seorang master konstruksi logam dan dirancang rangka Patung Liberty yang baru saja didirikan di New York Harbor.
Proses Pembanguna Menara Eiffel
Proses Pembanguna Menara Eiffel

Menara ini mendapat berbagai kritik dari masyarakat ketika dibangun, menyebutnya mengganggu mata. Surat kabar harian dipenuhi dengan surat kritik dari komunitas seni di Paris. Salah satunya dimasukkan dalam penerbitan Kantor Penerbitan Pemerintah AS William Watson mengenai Pameran Universal Paris: Teknik Sipil, Pekerjaan Umum, dan Arsitektur 1892. "Dan selama dua puluh tahun kita melihat, membentang ke seluruh kota, masih dijalani oleh orang-orang jenius berabad-abad, kita melihat bentangan seperti bayangan hitam dari kolom hitam yang dibangun dari lempengan besi berpaku.” Penandatangan surat ini meliputi Messonier, Gounod, Garnier, Gerome, Bougeureau, dan Dumas

Eiffel memiliki izin berdiri menara selama 20 tahun, yang berarti harus dibongkar tahun 1909, ketika kepemilikannya diserahkan kepada Kota Paris. Kota telah berencana meruntuhkannya (bagian dari peraturan kontes asli untuk merancang menara yang mudah diruntuhkan) tapi setelah menara ini terbukti mendatangkan untung dari segi komunikasi, menara ini dibiarkan berdiri setelah izin tersebut kadaluwarsa. Militer menggunakannya untuk mengatur taksi Paris di garis depan selama Pertempuran Marne Pertama, dan menjadi monumen kemenangan pertempuran itu.

Foto Menara Eiffel


Dari Bawah Keatas
Dari Bawah Keatas

Dari Atas Kebawah
Dari Atas Kebawah
Foto Menara Eiffel diambil setelah Perang Dunia II, Juni 1945
Foto Menara Eiffel diambil setelah Perang Dunia II, Juni 1945

Berikut Fakta Uniknya

1) Menara Eiffel diambil dari nama arsiteknya, insinyur Alexandre Gustave Eiffel.
2) Menara Eiffel adalah bangunan tertinggi di Paris.
3) Ketinggian Menara Eiffel (termasuk antena dengan tinggi 24 m /79 ft) adalah 324 m.
4) Ketinggian Menara Eiffel setara dengan 81 tingkat di gedung konvensional.
5) Pekerjaan konstruksi Menara Eiffel dimulai pada tanggal 26 Januari 1887 dan selesai pada tanggal 31 Maret 1889.
6) Sampai tahun 1930, Menara Eiffel adalah bangunan tertinggi di dunia.
7) Struktur besi Menara Eiffel berbobot 7.300 ton, sementara keseluruhan struktur, termasuk bagian non-logam lainnya, beratnya sekitar 10.100 ton.
8) Lima puluh insinyur dan desainer menghasilkan 5.300 gambar, dan lebih dari 100 pekerja yang dibangun lebih dari 18.000 bagian yang berbeda dari menara di bengkel.
9) Menara Eiffel diresmikan pada tanggal 31 Maret 1889.
10) 2.500.000 paku keling dan 18.038 bagian besi membentuk Menara Eiffel.
11) Pada tahun 1889, biaya pembangunan Menara Eiffel adalah sekitar 7,799,401.31 franc emas Prancis.
12) Empat pilar Menara Eiffel berdiri di sebuah alun-alun yang berukuran 125 meter di setiap sisi.
13) Lantai 1 Menara Eiffel berdiri pada ketinggian 57 m, sedangkan lantai 2 dan 3 tingginya masing-masing adalah 115 m dan 276 m.
14) Angin kencang dapat menggoyangkan Menara Eiffel. Selama badai 1999, bergerak sekitar 13 cm dari posisi awalnya.
15) Menara Eiffel adalah tempat percobaan pertama radiophonic di Perancis dan juga memainkan peran penting dalam lahirnya televisi Perancis.
16) Menara Eiffel adalah tempat bagi puluhan antena, segala macam, termasuk tiang televisi yang tingginya 324 meter.
17) Le Figaro mendirikan sebuah percetakan di lantai dua dari Menara Eiffel tahun 1889. Hingga saat ini, kertas ini diterbitkan di situs dan pengunjung yang membelinya dapat memiliki nama mereka tertulis di salinan mereka.
18) Menara Eiffel yang dicat setiap 7 tahun. Termasuk di dalamnya warna coklat.
19) Lukisan-19 dari Menara Eiffel dijadwalkan akan dimulai pada musim gugur 2008
20) Sekitar 60 ton cat dan jangka waktu 15 sampai 18 bulan diperlukan untuk melukis Menara Eiffel.
21) Pada hari yang cerah, kita bisa melihat hingga 42 mil jauhnya, dari atas Menara Eiffel.
22) Dasar Menara Eiffel yang tersebar di area seluas 100 meter persegi.
23) Menara Eiffel ini terbuka 365 hari setahun.
24) 4 ton lap debu & kain pembersih, 10.000 cairan pembersih, 400 liter deterjen dan 25.000 kantong sampah diperlukan untuk membersihkan Menara Eiffel.
25) Menara Eiffel memiliki dua restoran, pada platform pertama dan kedua, dinamakan Altitude dan Jules Verne.
26) Sampai tahun 2003, lebih dari 200 juta orang telah mengunjungi Menara Eiffel, sejak awal peresmiannya.
27) Menara Eiffel awalnya dimaksudkan untuk dibongkar dan dijual 20 tahun setelah pembangunannya, namun hal ini tidak pernah terjadi.
28) Sisi Eiffel Tower, persis di bawah platform pertama, telah ditempel dengan nama dari 72 ilmuwan Perancis terkemuka dan tokoh terkenal.

Berikut Juga Peristiwa yang terjadi


  1. Tanggal 10 September 1889, Thomas Edison mengunjungi menara. Ia menandatangani buku tamu dengan pesan berikut : “ Kepada Tn. Eiffel sang Insinyur sang pembangun berani Arsitektur modern besar dan asli dari sesorang yang memberikan penghargaan besar untuk semua Insinyur termasuk sang Insinyur Besar sang Bon Dieu, Thomas Edison.
  2. Tahun 1902, menara ini tersambar petir (lihat foto di kanan). Puncak setinggi 100 m (330 kaki) harus dibangun kembali dan lampu yang menerangi menara segera diganti.[16]
  3. Bapa Theodor Wulf tahun 1910 melakukan pengamatan energi pancar yang dipancarkan di atas dan bawah menara, menemukan bagian atasnya lebih dari yang diperkirakan, dan mengawali apa yang saat ini disebut sinar kosmik.[17]
  4. Tanggal 4 Februari 1912, penjahit Austria Franz Reichelt tewas setelah melompat 60 meter dari dek pertama menara Eiffel dengan parasut buatannya.
  5. Tahun 1925, pelukis Victor Lustig "menjual" menara ini sebagai besi tua.
  6. Tahun 1930, menara ini kehilangan gelarnya sebagai struktur tertinggi di dunia ketika Chrysler Building selesai dibangun di New York City.
  7. Sejak 1925 hingga 1934, papan iklan untuk Citroën memenuhi tiga dari empat sisi menara, menjadikannya papan iklan tertinggi di dunia pada waktu itu.
  8. Sebelum pendudukan Nazi di Paris tahun 1940, kabel lift dipotong oleh orang Perancis sehingga Adolf Hitler harus menaiki tangga ke puncaknya. Bagian-bagian untuk memperbaikinya tidak mungkin didapat karena perang. Tahun 1940 tentara Nazi harus memanjat ke atas untuk mengibarkan swastika, tapi bendera ini terlalu besar sehingga tertiup angin beberapa jam kemudian, dan digantikan oleh yang kecil. Ketika mengunjungi Paris, Hitler memilih berada di bawah. Dikatakan bahwa Hitler menguasai Perancis, bukan Menara Eiffel. Seorang Perancis mengukur menara selama pendudukan Jerman untuk mengibarkan bendera Perancis. Bulan Agustus 1944, ketika Sekutu mendekati Paris, Hitler memerintahkan Jenderal Dietrich von Choltitz, gubernur militer Paris, meruntuhkan menara bersama seluruh kota. Von Choltitz menolak perintah itu. Lift Menara bekerja normal beberapa jam setelah Pembebasan Paris.
  9. Tanggal 3 Januari 1956, kebakaran menghanguskan puncak menara.
  10. Tahun 1957, antena radio ditambahkan di puncaknya.
  11. Tahun 1980-an, sebuah restoran tua dan pondasi besinya dibongkar; dibeli dan dibangun kembali di St. Charles Avenue di New Orleans, Louisiana, oleh pengusaha John Onorio dan Daniel Bonnot, bernama Tour Eiffel Restaurant, lebih dikenal dengan Red Room. Restoran ini dibuat kembali dari 11.000 bagian yang melintasi Atlantik dalam kontainer kargo 40 kaki (12 m).
  12. Tanggal 31 Maret 1984, Robert Moriarty menerbangkan sebuah Beechcraft Bonanza melalui lengkungan bawah menara.[18]
  13. Dalam film aksi/petualangan James Bond tahun 1985 A View to a Kill, Sir Roger Moore sebagai James Bond mengejar May Day yang diperankan oleh aktris Grace Jones di atas Menara Eiffel. Ia berparasut dari struktur itu untuk kabur. Video lagu tema film, dinyanyikan oleh Duran Duran, juga meliputi beberapa adegan band menyanyi di menara yang berbenturan dengan adegan dari film. 20 tahun sebelumnya, film Bond Thunderball (1985) memperlihatkan menara ketika Largo, diperankan Adolfo Celi, parkir di luar kantor SPECTRE di Paris.
  14. Tanggal 14 Juli 1995, Hari Bastille, pemusik sintesiser Perancis Jean Michel Jarre mempertunjukkan Konser Untuk Kepedulian di menara atas bantuan UNESCO. Konser gratis ini dikunjungi oleh 1.5 juta orang, memenuhi Champ-de-Mars. Konser tersebut menampilkan efek lampu dan proyeksi di menara, dan kembang api raksasa di luar. 3 tahun kemudian, ia kembali ketempat yang sama untuk acara musik lainnya, Electronic Night.
  15. Pada Perayaan Tahun Baru 2000, Menara Eiffel menyelenggarakan Perayaan Milenium Paris. Kembang api ditembakkan dari keseluruhan panjang menara dalam penampilan spektakuler. Sebuah pameran di atas cafeteria di tingkat pertama juga merayakannya.
  16. Tahun 2000, lampu kedip dan empat lampu suar berkekuatan tinggi dipasang di menara. Sejak itu pertunjukkan lampu telah menjadi acara harian setiap malam. Lampu suar di atas menara menjadikannya menara suar dalam langit malam Paris.
  17. Menara ini menerima tamu ke 200.000.000 pada tahun 2002.[19][20]
  18. Pukul 19:20 tanggal 22 Juli 2003, kebakaran terjadi di puncak menara pada ruang persiapan penyiaran. Keseluruhan menara dikosongkan; kebakaran dapat dikendalikan setelah 40 menit, dan tidak ada laporan korban luka.
  19. Sejak 2004, Menara Eiffel telah membuat lapangan ski es di tingkat pertama selama musim dingin.

LihatTutupKomentar